Senin, 23 September 2024

MEDIA SOSIAL

 

 A. Ruang Lingkup Media Sosial

Media sosial merupakan platform digital yang menyediakan fasilitas bagi penggunaannya untuk melakukan aktivitas sosial. Perkembangan teknologi dan meluasnya jaringan internet yang terjadi saat ini menjadikan media sosial semakin mudah diakses oleh masyarakat, Berbagai fitur yang ditawarkan dalam media sosial memberikan pengaruh bukan hanya dalam hal kemudahan mendapatkan hiburan, melainkan interaksi antarpengguna, seperti memberikan informasi berupa tulisan, foto, dan video. Hal tersebut membuat media sosial dianggap sebagai alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan sarana interaksi untuk bebagai tujuan, seperti promosi, membangun relasi, komunikasi jarak jauh, dan sebagainya. Dalam penggunaannya, media sosial bergantung pada jaringan internet atau status online agar dapat terhubung dengan pengguna lainnya.


1. Pengertian Media Sosial

Berikut pengertian media sosial menurut berbagai sumber.

a. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Media sosial adalah laman atau aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat dan berbagi isi atau terlibat dalam jaringan sosial.

b. Chris Brogan --> Media sosial adalah salah satu perangkat yang muncul sebagai alat komunikasi, berisi berbagai kemungkinan dalam menciptakan bentuk dan gaya interaksi baru seiring perkembangan dan kemajuan teknologi.

c. Dave Kerpen --> Definisi media sosial merujuk pada tempat berkumpulnya gambar, video, tulisan, dan hubungan interaksi dalam jaringan. Kondisi ini berlaku untuk individu maupun antarkelompok seperti dalam organisasi.

d. B.K Lewis --> Media sosial merupakan suatu label berkaitan dengan teknologi digital yang berpotensi membuat masyarakat dapat saling terhubung dan melakukan interaksi serta memproduksi dan membagikan pesan. Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media sosial adalah sarana komunikasi berbasis digital yang memungkinkan penggunanya saling terhubung dengan cara bertukar informasi melalui teks, foto, dan video tanpa perlu bertemu langsung

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media sosial adalah sarana komunikasi berbasis digital yang memungkinkan penggunanya saling terhubung dengan cara bertukar informasi melalui teks, foto, dan video tanpa perlu bertemu langsung


2. Karakteristik Media Sosial

Beberapa karakteristik dari media sosial, di antaranya sebagai berikut.

a. Partisipasi : Media sosial mendorong adanya kontribusi dan umpan balik agar setiap orang tertarik menggunakannya, tanpa terhalang/ terbatas adanya jarak.

b. Keterbukaan : Media sosial merupakan sarana komunikasi yang bersifat terbuka, artinya setiap pengguna dapat berpartisipasi untuk saling memberikan masukan melalui voting, berbagi informasi melalui status, dan menyampaikan pendapat melalui kolom komentar.

c. Perbincangan : Media sosial sangat memungkinan terjadinya komunikasi dua arah, baik antarpengguna maupun antara pengguna dan pengelola media sosial.

d. Keterhubungan : Media sosial membentuk konektivitas atau keterhubungan baik antarpenggunanya maupun situs-situs lainnya yang dapat diakses.


3. Fungsi Media Sosial 

Seperti yang telah diuraikan, media sosial merupakan sarana interaksi yang memberi kemudahan bagi penggunanya, khususnya dalam hal komunikasi dan menjalin relasi. Berbagai kemudahan dapat dirasakan dengan memaksimalkan fitur yang ada. Selain fungsi dalam hal tersebut, media sosial juga memiliki fungsi-fungsi Lain, di antaranya sebagai berikut.

a. Komunikasi : Melalui bantuan internet, media sosial menjadi tempat berkumpul bagi para pengguna yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Interaksi antara mereka lebih mudah terbangun tanpa adanya batasan waktu dan geografis.

b. Branding : Bentuk komunikasi lain yang bisa dilakukan melalui media sosial adalah branding. Seorang pebisnis dapat meggunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan promosi atau jual-beli secara online.

c. Marketing : Media sosial berfungsi sebagai sarana pemasaran yang efektif karena dapat menjangkau banyak orang.

d. Mentransformasi praktik komunikasi searah menjadi dua arah Media sosial mengubah komunikasi searah menjadi dua arah, yakni dari satu penutur ke banyak audiens (one to many) menjadi praktik komunikasi dialogis (bersifat terbuka/terdapat interaksi) antaraudiens (mony to many).


4. Manfaat Media Sosial

Apabila digunakan dengan tepat, media sosial dapat memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Adapun manfaat dari media sosial, antara lain sebagai berikut.

a. Media untuk belajar : Beberapa situs media sosial bisa digunakan untuk belajar karena memuat materi pembelajaran berupa informasi atau data yang dapat diakses dengan mudah, baik yang dibagikan secara resmi oleh situs itu sendiri maupun yang dibagikan oleh sesama pengguna.

b. Tempat dokumentasi : Media sosial sering menjadi tempat untuk menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto, video, dan tulisan. Namun, mengunggah konten di media sosial berarti memberikan kesempatan kepada pengguna lain untuk melihat dan memberikan tanggapan atas konten yang diunggah.

c. Media marketing : Manfaat media sosial lainnya adalah sebagai media marketing. Dalam hal pengenalan produk, media sosial merupakan sarana yang tepat karena dapat menjangkau banyak orang sehingga produk lebih mudah diketahui. Sementara itu. dalam proses jual beli, media sosial memberikan manfaat.


5. Layanan Media Sosial 

Layanan media sosial diartikan sebagai teknologi interaktif yang memfasilitasi setiap pengguna agar dapat saling berbagi informasi, ide, minat, ataupun bentuk interaksi lain melalui komunitas dalam jaringan virtual. Berikut merupakan berbagai layanan dan jenis media sosial yang sangat populer di tengah masyarakat.

a. Layanan blog

Pada dasarnya, layanan blog dapat dipahami sebagai jurnal pribadi yang terdapat di internet. Jenis media sosial ini berfungsi membagikan catatan atau pandangan penggunanya tentang berbagai isu. Video atau foto dapat digunakan untuk melengkapi jurnal yang dibagikan pengguna. Selain digunakan untuk kepentingan bisnis, misalnya membangun brand atau mempromosikan produk, blog juga digunakan sebagai sarana berbagi informasi atau pengetahuan seputar bidang-bidang tertentu yang menjadi minat penggunanya, misalnya gaya hidup, pengelolaan keuangan, kesehatan, teknologi, atau kuliner. Pengguna media sosial jenis ini biasanya disebut sebagal narablog atau bloger. Contoh dari media sosial layanan blog. yaitu WordPress dan Blogspot.

b. Layanan jejaring sosial (social network)

Layanan jejaring sosial, atau biasa disebut juga dengan social networks, merupakan jenis media sosial yang saat ini paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Media sosial jenis ini berfungsi sebagai tempat interaksi untuk banyak orang. Dalam layanan ini, pengguna biasanya saling mengirim pesan, informasi, foto, ataupun video. Contoh media sosial layanan jejaring sosial adalah Facebook dan Linkedin.

c. Layanan blog mikro (microblogging)

Jenis media sosial ini menyajikan halaman yang lebih ringkas karena terdapat pembatasan jumlah karakter untuk pesan/informasi yang akan dibagikan. Dengan demikian, jenis media sosial ini biasanya hanya memuat pesan singkat dan tajam yang merujuk pada kondisi/berita terkini. Hal tersebut membuat layanan mikro blog memiliki kecepatan yang lebih baik dalam menyampaikan pesan dibandingkan layanan blog. Contoh layanan blog mikro adalah Twitter.

d. . Layanan berbagi media (media sharing)

Jenis layanan media sosial selanjutnya adalah layanan berbagi media atau media shoring. Media sosial jenis ini mulai banyak digunakan seiring menjamurnya tren-tren tertentu yang berkaitan dengan foto, video, dan musik. Apabila Anda sering menghabiskan waktu luang atau waktu belajar melalui platform media sosial, seperti YouTube atau Soundcloud, Anda sebenarnya telah terbiasa menggunakan layanan berbagi media tersebut. Media sharing berfokus pada aktivitas interaksi antarpengguna dengan saling membagikan konten media, seperti foto, audio. atau video. Contoh lain dari layanan berbagi media adalah Instagram dan Flickr.

e. Layanan kolaborasi

Melalui layanan kolaborasi, pengguna saling berkolaborasi untuk menghasilkan sesuatu berupa konten. Namun, pada dasarnya, dalam layanan kolaborasi ini pengguna diperbolehkan membuat konten sekaligus melakukan koreksi terhadap isi konten dari anggota lain pada situs tersebut. Salah satu contoh layanan kontribusi yang paling populer saat ini adalah Wikipedia. 

f. Layanan forum

Layanan forum digunakan sebagai tempat untuk membincangkan berbagai hal atau topik secara spesifik dalam suatu ruang diskusi. Contoh media sosial layanan forum adalah Kaskus dan Quora.


6. Jenis-jenis Media Sosial

Terdapat beberapa jenis media sosial, di antaranya sebagai berikut.

a. Bookmarking : Social bookmarking adalah sebuah metode yang dapat dilakukan oleh pengguna internet untuk mengorganisasi. menyimpan, mengelola, dan mencari sumber daya/informasi yang tersedia secara online. Social bookmarking digunakan untuk menandai dan menyimpan sebuah website yang akan dibaca nanti. Selain itu, social bookmarking juga dapat meningkatkan performa website.

b. Wiki : Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau menyunting (mengedit) isi situs. Istilah ini juga dapat merujuk.kepada perangkat lunak kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs website. Wiki adalah sebuah situs grup yang terdiri atas Wikipedia, WikiHow, dan lain sebagainya.

c. Flickr : Flickr adalah situs dari Yahoo yang khusus digunakan untuk berbagi foto. Flickr menjadikan sebuah foto photo catalog yang setiap produknya dapat dipasarkan.

d. Creating opinion : Sesuai namanya, creating opinion merupakan jenis media sosial yang memberikan sarana kepada para penggunanya untuk saling berbagai opini. Melalui media sosial tersebut, semua orang dapat menjadi penulis, jurnalis, ataupun komentator.

e. Jejaring sosial : Jejaring sosial merupakan pemanfaatan media sosial untuk menjalin atau membangun berbagai jaringan, baik pertemanan, bisnis, komunitas, dan sebagainya. Melalui situs-situs berbagi konten yang terdapat pada jejaring sosial, pengguna mengunggah berbagai hal untuk berbagi kepada orang lain. Adapun beberapa contoh dari aplikasi media sosial tersebut, antara lain Facebook, WhatsApp, Line, YouTube, Twitter, dan Instagram.

f. Situs social networking : Situs social networking merupakan media berbasis internet yang memungkinkan para penggunanya. saling berinteraksi menggunakan profil/akun pribadi mereka. Situs social networking yang dimaksud adalah Linkedin, Facebook, dan My Space.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 4 SEARCH (PENCARIAN)

A. Searching (Pencarian)  1. Aktivitas Searching Searching berasal dari bahasa Inggris yang berarti mencari. Dalam kaitannya dengan bidang i...